"BOLA PENGHANCUR"
A. Latar Belakang
Saat ini banyak orang menggunakan komputer dalam berbagai kegiatan mendesain. Dalam perkembangan TI, animasi 3D adalah puncak dari karya seni digital yang menggabungkan beberapa cabang sekaligus. Sistem operasi, video, audio, hardware, software, programmer, fotografi, serta tentu saja SDM yang handal. Software satu ini mampu memfasilitasi / menggabungkan semuanya dalam satu paket tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Blender adalah revolusi software 3D yang fenomenal.
Sejarah singkat Blender :
Blender merupakan perangkat lunak 3D open source berbasis python. Kode sumbernya dibuka ke publik pada tahun 2002. Software ini sangat handal untuk membuat model 3D, animasi , hingga game. Ia juga sangat kaya akan fitur yang sudah teruji secara profesional dalam 3 open movie dan 1 open game. Blender juga merupakan salah satu software 3D open source yang paling giat pengembangannya dan memiliki komunitas yang fanatik serta developer yang handal. Sampai saat ini , blender mencapai rilis 2.57 yang merupakan versi stabil Blender. Memang, sejak 2002 Blender mengalami peningkatan sangat pesat dan mengalami revolusi dari versi 2.4x ke 2.5. bukan hanya dari segi interface saja, kemampuan produktivitasnya juga semakin canggih.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan dalam latar belakang, maka perlu membatasi masalah, agar kajian terfokus pada permasalahan, disamping itu agar kajian dan pembahasan tidak meluas. Oleh sebab itu penyusun membatasi masalah pada tiga rumusan masalah:
1. Apa aplikasi yang dipakai pada pembuatan desain tersebut?
2. Fitur apa yang terdapat pada aplikasi tersebut?
3. Apa desain yang dibuat?
C. Batasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, penyusun membatasi masalah dalam penyusunan tugas softskill ini, pada:
1. Aplikasi yang digunakan pada pembuatan desain tersebut.
2. Fitur-Fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut.
3. Penjelasan mengenai desain yang dibuat.
D. Tujuan Penyusunan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penyusunan ini adalah:
1. Untuk mengetahui aplikasi yang digunakan pada pembuatan desain tersebut.
2. Untuk mengetahui fitur pada aplikasi desain tersebut..
3. Untuk mengetahui dan memahami alur pada pembuatan desain tersebut.
LANDASAN TEORI
A. Tentang Blender
Blender adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk modeling, teksturing, animasi, UV, wrapping, rendering, dsb yang berhubungan dengan animasi, pembuatan game objek. Aplikasi blender ini dapat digunakan untuk membuat suatu game dan animasi. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Aplikasi blender ini bersifat open source. Aplikasi ini juga dapat dipasang pada berbagai macam sistem operasi diantaranya windows, mac OS, dan linux. Perkembangan aplikasi blender awalnya blender 1.0. saat ini sudah mencapai blender versi 2.69 yang di rilis pada tanggal 30 Oktober 2013.
Banyak perubahan yang terjadi pada aplikasi ini. Pada mulanya blender versi 1.0 sampai blender versi 2.49b yang hanya dijadikan bahan uji coba, kemudian yang akan dijadikan pengembangan selanjutnya dari aplikasi blender ini adalah blender versi 2.50. Kemudian aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman python sebagai scripting pada suatu project yang akan kita buat dengan aplikasi blender.
Beberapa fitur unggulan blender antara lain:
1. Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.
2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
4. Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
5. Mendukung scripting menggunakan phyton.
6. Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering.
B. Fitur-fitur pada blender
1. Menu
blender menu
Pada menu terdapat :
1. File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain.
2. Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D.
3. Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
4. Game berguna untuk memulai scripting program game
5. Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6. Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
2. View Port
Pada menu terdapat :
1. File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain.
2. Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D.
3. Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
4. Game berguna untuk memulai scripting program game
5. Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6. Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
2. View Port
Pada
View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara
default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita
bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur
letak dan kamera serta sebagainya.
3. Tool Button
1. Translate Manipulator Mode
2. Mempunyai simbol segitiga merah
3. Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G
4. Kegunaannya adalah untuk mengambil objek
5. Rotate Manipulator Mode
6. Mempunyai simbol lingkaran hijau
7. Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R
8. Kegunaannya untuk merotasi objek
9. Scale Manipulator Mode
10. Mempunyai simbol persegi biru
11. Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S
12. Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek
13. Transform Orientation
14. digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
15. Rotating / Scalling Pivot
16. Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah,
17. Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point
18. Dan setelah kita mengulas blender secara singkat maka saya akan mengungkapkan keungulan dari Blender 3D
2. Mempunyai simbol segitiga merah
3. Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G
4. Kegunaannya adalah untuk mengambil objek
5. Rotate Manipulator Mode
6. Mempunyai simbol lingkaran hijau
7. Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R
8. Kegunaannya untuk merotasi objek
9. Scale Manipulator Mode
10. Mempunyai simbol persegi biru
11. Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S
12. Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek
13. Transform Orientation
14. digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
15. Rotating / Scalling Pivot
16. Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah,
17. Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point
18. Dan setelah kita mengulas blender secara singkat maka saya akan mengungkapkan keungulan dari Blender 3D
TOOLS PADA BLENDER
Setelah kita membahas tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya. Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu:
1. Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D.
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.
Dan untuk simulasi tedapat:
a) Scripting
b) Rendering
c) Compositing
d) Post production
e) Game creation.
C. Penerapan objek
Setelah kita membahas tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya. Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu:
1. Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D.
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.
Dan untuk simulasi tedapat:
a) Scripting
b) Rendering
c) Compositing
d) Post production
e) Game creation.
C. Penerapan objek
Objek yang akan dibuat pada aplikasi animasi 3D tersebut adalah Penghancur Batu. Saya melihat video tutorial pembuatan Penghancur Batu pada website “youtube dan blenderguru.com”.
Pertama-tama
kita buka terlebih dahulu program Blender pada PC atau LAPTOP kita,
maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu kita perbanyak
kubusnya.
Setelah itu kita buat batunya dengan menggunakan UV Sphere yang sudah tersedia disoftware blendernya seperti gambar di bawah.
Lalu warnai seperti gambar dibawah.
Terakhir kita akan mengatur kameranya. Kemudian lakukan “Render”
dengan menekan tombol ctrl F12 atau simulasi ALT+A. Setelah dirender
seperti gambar dibawah ini
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Kesimpulan dari pembuatan desain ini adalah agar kita bisa meningkatkan kemampuan dalam desain animasi 3D dengan mengikuti perkembangan yang ada dan bisa mengimplementasikannya ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat.
A. Kesimpulan
Kesimpulan dari pembuatan desain ini adalah agar kita bisa meningkatkan kemampuan dalam desain animasi 3D dengan mengikuti perkembangan yang ada dan bisa mengimplementasikannya ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat.
B. Harapan
Harapan selanjutnya dari desain ini yaitu bisa menjadi desain yang lebih bermanfaat, lebih menarik, dan bisa membantu banyak orang untuk mengenal mencoba membuat desain ini ataupun mendalami lebih dalam lagi tentang pembuatan objek-objek pada blender.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
http://reyzharendhy.blogspot.com/2012/11/makalah-aplikasi-blender.html
http://muhammadkosasih.blogspot.com/2013/01/pengertian-blender.html
http://repository.gunadarma.ac.id
http://www.blenderguru.com/videos/quick-tutorial-make-a-wrecking-ball-with-rigid-body-physics/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar