Jumat, 17 April 2015

Komponen - Komponen CPU dan Fungsinya

CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah induk atau pusat pemrosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Adapun komponen - komponen yang terdapat dalam CPU secara umum adalah sebagai berikut :

1#VGA Card



VGA Card merupakan bagian komputer di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa - apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. Bagian - bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.

2#Power Supply


Fungsi power supply pada komputer adalah sebagai perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentukarus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam komputer beberapa contoh hardware yang membutuhkanarus listrik DC adalah harddisk, kipas, motherboard dan lain - lain.

3#Motherboard


Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti processor, video card, sound card, harddisk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen - komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing - masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

4#Processor


Processor merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berpikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan processor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar.

5#RAM


RAM (Random Access Memory) berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian - bagian yang membutuhka, banyaknya pengembangan yang dilakukan pada bagan ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang coock untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.

6#Harddisk


Harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin banyak pula data - data yang dapat disimpan. Satuan kapasitas harddisk adalah byte. Saat ini kapasitas harddisk dipasaran bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera byte, hingga 3 Tera byte. Fungsi dari harddisk adalah sebagai tempat penyimpanan data.

7#LAN Card


Lan Card atau kartu jaringan merupakan komponen yang berfungsi sebagai port untuk menghubungkan satu komputer denan komputer lainnya. LAN Card tersebut akan dihubungkan ke kabel RJ45 untuk terhubung ke jaringan komputer.

8#Sound Card


Sound Card digunakan untuk mengolah data suara agar dapat kita dengarkan, melalui panel output soundcard kita akan bisa mendengarkan suara yang dihasilkan komputer, dengan lan card ini jugalah kita dapat melakukan perekaman suara.


Referensi : Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar